Beranda | Artikel
Puasa Ramadhan Mengangkat Derajat
Kamis, 7 Juni 2018

Bersama Pemateri :
Syaikh `Abdurrazzaq bin `Abdil Muhsin Al-Badr

Puasa Ramadhan Mengangkat Derajat adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam dengan pembahasan kitab Wa Ja a Syahru Ramadhan, sebuah kitab buah karya Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr. Pembahasan ini juga disampaikan oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr pada 11 Ramadhan 1439 H / 27 Mei 2018 M.

Download kajian sebelumnya: Menjaga Puasa Ramadhan

Kajian Tentang Puasa Ramadhan Mengangkat Derajat – Kitab Wa Ja a Syahru Ramadhan

Kita berdo’a kepada Allah subhanahu wa ta’ala semoga kita termasuk orang-orang yang bisa memanfaatkan bulan ramadhan ini dengan sebaik-baiknya. Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan dalam dua kitab shahihnya bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ

“Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan dibelenggu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Ini adalah keistimewaan dari bulan ramadhan yang Allah khususkan untuk bulan yang penuh berkah, penuh pemberian dan hadiah dari Allah subhanahu wa ta’ala. Hadits ini mengandung makna bahwasannya bulan ramadhan mempunyai kekhususan yang mana dalam bulan ramadhan banyak sebab-sebab yang bisa menyebabkan orang masuk kedalam surga dan selamat dari neraka. Karena dibukanya pintu-pintu surga dan ditutupnya pintu-pintu neraka dibulan ramadhan menunjukkan bahwasannya hati orang yang beriman akan tergerak dibulan ramadhan untuk melakukan ketaatan, melakukan ibadah, mendekat kepada Allah subhanhu wa ta’ala, yang semua itu merupakan sebab-sebab masuknya seseorang kedalam surga. Juga hati orang-orang yang beriman akan tergerak menjauhi segala yang dilarang oleh Allah subhanahu wa ta’ala, yang mana semua itu merukan sebab-sebab masuknya seseorang kedalam neraka.

Maka bulan ramadhan adalah bulan tersebut akan mendapatkan derajat yang tinggi disisi Allah subhanahu wa ta’ala. Juga dengan memanfaatkan bulan ramadhan, kita akan selamat dari neraka dan murka Allah subhanahu wa ta’ala. Dan cukup sebagai bukti untuk hal ini hadits dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

وَلِلَّهِ عُتَقَاءُ مِنَ النَّارِ وَذَلِكَ كُلَّ لَيْلَةٍ

Allah memiliki hamba-hamba yang dimerdekakan dari neraka. Demikian itu pada setiap malam.(HR. Tirmidzi)

Simak Penjelasan Lengkap dan Downlod MP3 Ceramah Agama Tentang Puasa Ramadhan Mengangkat Derajat – Kitab Wa Ja a Syahru Ramadhan


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/31302-puasa-ramadhan-mengangkat-derajat/